Tempe Bantu Wanita Terhindar dari Osteoporosis

Senin, 24 Oktober 2016 - 19:42 WIB
Tempe Bantu Wanita Terhindar dari Osteoporosis
Tempe Bantu Wanita Terhindar dari Osteoporosis
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa produk makanan dan minuman yang terbuat dari kedelai bisa mencegah terjadinya tulang keropos pada wanita lansia. Ini berkat kandungan protein dalam kedelai yang bisa melindungi wanita dari tulang keropos.

Yang paling menarik, kedelai bisa mengikat tulang sejak awal kehidupan. "Konsumsi makanan kedelai memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk perbaikan dari tulang keropos tulang orang dewasa," kata pemimpin peneliti Jin Ran.

Dilansir Zeenews, Ran menyarankan produk kedelai yang baik dikonsumsi adalah tempe, tahu, susu kedelai dan kacang kedelai rebus. Untuk membuktikan penelitian ini, para peneliti melakukan percobaan dengan menggunakan model tikus betina.

Prosesnya, satu kelompok tikus diberi makan kedelai berprotein tinggi selama 30 hari. Selanjutnya, peneliti mengawasi tikus tersebut selama penelitian. Dari dua kelompok tikus yang diteliti dengan diet berbeda ditemukan hasil berbeda.

Dalam waktu enam bulan, hasil penelitian ini menunjukkan kelompok tikus yang diberi diet protein kedelai tidak mengalami tulang keropos. Sementara, kelompok tikus kedua yang tidak diberikan kedelai, banyak mengalami tulang keropos.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4827 seconds (0.1#10.140)